BURUNGJUARA – Banyak di antara penggemar burung pemakan biji yang memilih produk bubur bayi sebagai alternatif pakan lolohan dengan metode hand feeding. Padahal, bubur bayi yang dirancang untuk anak manusia, diketahui mengandung susu sapi.

Susu sapi inilah yang berpotensi membahayakan anakan burung pemakan biji. Sebab, secara alamiah, organ pencernaan burung tidak dirancang untuk mencerna laktosa (gula susu). Manusia (hewan mamalia) umumnya bisa mencerna laktosa, dengan bantuan enzim laktase.

loloh burung edited

Padahal burung hanya memiliki sedikit laktase, sehingga tidak mampu mencerna laktosa dengan sempurna. Akibat kelebihan kadar laktosa, dapat menyebabkan burung mudah terserang diare, bulu burung mudah rontok, dan kulit kaki terlihat bersisik.

Selama ini, di pasaran memang tersedia produk pakan lolohan yang dirancang khusus untuk burung, terutama burung pemakan bijian, seperti finch, pipit, kenari, parkit, maupun lovebird. Namun, harga produk ini relatif mahal, terutama produk-produk yang diimpor dari luar negeri.

Di pasaran, produk ini biasa dijual dengan harga Rp40-80 ribu per 450 gram untuk produk lokal, dan untuk produk impor mencapai harga Rp165 ribu per 450 gram. Selain itu, pakan lolohan jenis ini juga tidak mudah ditemui, terutama di kota-kota kecil.

Meski demikian, para peternak burung pemakan biji tak perlu putus asa. Masih ada alternatif produk makanan untuk manusia yang dapat digunakan sebagai bahan pakan lolohan alternatif, yakni tepung beras.

Karena berbahan dasar beras, maka tepung ini aman digunakan sebagai pakan loloh. Tepung beras juga mudah didapat di warung-warung sembako, dengan harga kurang dari Rp10 ribu perbungkus.

Beberapa peternak juga sudah ada yang menggunakan tepung beras untuk meloloh anakan burung yang dipanen dini dari indukannya. Tujuannya, tentu saja untuk meningkatkan produktifitas indukan.

Bagaimana penggunaannya?

Caranya mudah, ambil tepung beras secukupnya, campurkan air hangat hingga menjadi bubur encer. Biarkan beberapa saat hingga campurannya merata.

MURAH BERMANFAAT - Tepung beras berbagai merk mudah ditemui di warung sembako.

MURAH BERMANFAAT – Tepung beras berbagai merk mudah ditemui di warung sembako.

Agar kandungan nutrisinya seimbang, tambahkan vitamin dan mineral yang memang diproduksi untuk anak unggas.

Selanjutnya, bubur beras dapat dilolohkan ke anakan burung dengan media spoit (spet suntikan), atau bisa juga menggunakan sendok makan yang dimodifikasi ujungnya.

Mudah dan murah bukan? Selamat mencoba!(rya)

Share the joy
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •